Rabu, 01 Juli 2009

BAB IV PENUTUP

BAB IV
PENUTUP
Pada bab ini dipaparkan tentang kesimpulan hasil penelitian dan saran. Kesimpulan dan saran didasarkan pada temuan dan pembahasan atau analisa tentang kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas di MTs. Nahdlatul Wathon Licin Banyuwangi, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut :
A. Kesimpulan
1. Kepemimpinan kepala MTs. Nahdlatul Wathon Licin merupakan pemimpin yang berhasil dan professional dalam melaksanakan fungsi sebagai seorang pemimpin organisasi, sebagai educator, administrator, supervisor, innovator, dan sebagai motivator. Terbukti siswa MTs. Nahdlatul Wathon Licin dari tahun ketahun memperoleh prestasi nilai danem tertinggi sekecamatan licin dari hasil ujian akhir nasional. Selain itu, selama proses kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan terhadap kualitas lulusan kepala sekolah menjalankan roda kepemimpinannya dengan mengggunakan gaya kepemimpinan open management, gaya ini merupakan senjata ampuh untuk menggapai visi dan misi kepala sekolah.
2. Upaya yang dilakukan kepala MTs. Nahdlatul Wathon Licin dalam peningkatan kualitas lulusan adalah (1) memperhatikan prestasi siswa melalui jam tambahan sekolah (remedial), (2) memberdayakan professionalisme guru melalui pelatihan-pelatihan, (3) mengadakan pengawasan terhadap guru dan karyawan dengan mengadakan rapat bulanan.
3. Kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas lulusan di MTs. Nahdlatul Wathon Licin di dukung oleh adanya tenaga pendidik (guru) yang professional serta kepedulian dan dukungan dari orang tua/wali murid terhadap anak didik dalam proses belajar mengajar. Sedangkan Faktor penghambat kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas lulusan, yaitu kuantitas siswa yang rendah serta minimnya intelektual peserta didik dalam menyerap beberapa materi, sarana prasarana yang tidak lengkap, dan minimnya ekonomi orang tua.

B. Saran-Saran
Sejalan dengan rincian permasalahan serta manfaat penelitian, terhadap pengembangan ilmu, maka berikut ini dikemukakan saran-saran berdasarkan uraian sesuai dengan kesimpulan penelitian sebagai berikut :
1. Keberhasilan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas lulusan sangatlah dipengaruhi oleh sosok pemimpin yang professional, yakni kepala sekolah yang professional, berwawasan luas, latar pendidikan yang tinggi dalam rangkah pengembangan dan peningkatan mutu lulusan yang berkualitas. Kepala sekolah benar-benar melaksanakan tiga definsi pokok tugas pimpinan, yakni sebagai pemimpin sekelompok orang atau organisasi, menggerakkan sumberdaya material dan melaksanakan pekerjaan dengan dan melalui orang lain.
2. Upaya kepemimpinan kepala sekolah dalam peningkatan kualitas lulusan juga dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Untuk itu kepemimpinan kepala sekolah harus terus memberikan motivasi dan supervisi kepada guru terutama kepada kegiatan peningkatan kualitas lulusan, agar guru merasa diperhatikan dan mendapat dukungan moral. Begitu juga dengan masyarakat, agar masyarakat merasa diperlukan dan mendapat respon dan dukungan program sehingga kontrol yang kuat peranan dari pimpinan sangat dibutuhkan dalam rangka peningkatan mutu lulusan yang berkualitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar